tv Cara Simpel, Mudah Belajar Membaca Al-qur'an dengan Cepat ~ seluruhilmu999

Cara Simpel, Mudah Belajar Membaca Al-qur'an dengan Cepat

Posted by seluruhilmu999 On Saturday, December 3, 2016 0 comments

Membaca Al-Qur'an tidak lah sulit sebenarnya semua itu berasal dari latihan, asalkan kita bersungguh-sungguh insyaallah akan dimudahkan oleh Allah. 

Disini saya berbagai tips dan informasi, untuk mengetahui secara detail maka dapat berkunjung ke blog teman - teman yang lain di mbah google. Berikut adalah cara simpel yang saya dapatkan berdasarkan pengajaran dari guru ngaji saya di pondok, karena saya juga sama dulunya, sudah dewasa bahkan sudah kuliah tapi masih belum bisa membaca Al-qur'an. Silahkan disimak:
membaca Al-qur'an dengnan mudah dan cepa
Belajar Membaca Al-qur'an
sumber gambar: Griya Al-Qur'an

1. Memurnikan Niat

Maksud dari memurnikan niat yaitu dengan menata hati dan niat kita terlebih dahulu, yang mana niat hanya untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT, dengan diniati mencari pahala, jangan sampai salah niat karena ingin dipuji, ingin bisa membaca Al-Qur'an sehingga dikira alim, mudah mendapat pekerjaan karena biasanya ada perusahaan yang mensyyaratkan untuk seseorang bisa membaca Al-Qur'an. Semua niat selain karena Allah hilangkanlah. Niati dengan belajar membaca Al-Qur'an untuk mendapatkan pahala dari Allah, ingatlah bahwa barang siapa yang membaca Al-Qur'an dengan benar dan tartil maka Allah akan memberikan pahala 10 kebaikan setiap hurufnya, dan barang siapa yang berusaha keras untuk membaca dan belajar, namun masih salah salah maka Allah akan memberikan 1 pahala kebaikan setiap hurufnya. 

2. Belajar dari Dasar

Belajar dari dasar, guru saya waktu saya tidak bisa membaca Al-Qur'an maka mengajarkannya dengan dari dasar yaitu dari bacaan iqro' mengenal huruf - hurufnya, pelafalannya, maqrojnya, dibenarkan, tidak perlu malau jika harus kembali dari dasar, karena segala sesuatu apapun akan baik jika dasarnya kuat dan baik. 

3. Rutin

Rutinkanlah untuk membaca Al-qur'an setiap hari dan setiap waktu

4. Membaca Al-Qur'an 1 hari 1 Juz

Membaca 1 juz setiap hari memang bukanlah perkara mudah jika dibayangkan secara sekilas, tapi nyata adanya begitulah guru saya menerapkannya kepada kami, beliau berkata" iso mergo kulino" (bahasa jawa) yang artinya 'bisa karena terbiasa'. Mungkin ada yang berfikir mana mungkin, terlalu berat, dan lain sebagainya, tapi kenyataannya banyak yang mempraktekkan dan benar adanya, saya sendiri sudah menerapkan dan benar bahwa terbukti efektif. lalu bagaimana cara untuk melakukannya? saya akan berikan tipsnya, memang jika dibaca secara sekaligus akan terasa berat dan dibibir terasa capek namun caranya yaitu:
saudara cukup mencicilnya, yaitu 1 jus itu rata - rata 10 lembar yang artinya 20 halaman. maka dari itu untuk itu itu kita harus rubah pola pikir kita, yaitu prakteknya : 

Bangun tidur sebelum sholat subuh dibaca 1 lembar, setelah sholat subuh dibaca 1 lembar (jadi dipagi hari sudah 2 lembar) kemudian pada duhur juga demikian, sebelum sholat 1 lembar dan sesudah sholat 1 lembar, maka jika dilakukan rutin pada waku ba'da isya' kita sudah katam satu jus. 

mudah kan? sungguh benaran sobat harus rubah pola pikir sobat, asal bisa menerapkan insyaallah Allah akan memudahkan dalam belajar membaca Al-Qur'an.

4. Mengulangi kalimat yang Salah dan Membenarkannya

Ketika sedang membaca Al-Qur'an dan ternyata salah atau merasa ragu dengan bacaan kita, segeralah ulangi lagi bacaan yang salah tadi sehingga kita sampai bisa dan lancar membacanya, jika belum lancar maka jangan diteruskan dulu. sabar dan sabar, itu yang harus dilakukan. 

5. Sholat Malam dan Berdoa kepada Allah

Menghadapi permasalahan maka cara yang tepat adalah dengan meminta kepada Allah, sholatlah malam dan memohon kepada Allah untuk diberi kemudahan dalam segala hal, termasuk dalam membaca Al-Qur'an. dan ketika sholat malam setelahnya membacalah Al-Qur'an. sungguh lakukanlah sobat jika sobat sungguh-sungguh ingin membaca Al-qur'an dan ingin lebih dengat dengan Allah. 

6. Sering Mendengarkan Bacaan Al-Qur'an 

Mendengarkan bacaan Al-Qur'an akan menenangkan hati kita, selain itu lantunan indah ayat-ayat Allah di bacakan akan membuat kita termoivasi untuk belajar lebih giat, yang terpening jaga terus semangat sobat. 

7. Meminta Bimbingan Guru atau Teman

Bantuan bimbingan guru dan teman sangat penting, karena dapat membantu kita membenarkan bacaan al-qur'an yang salah, selain itu mintalah guru atau teman anda yang bisa membaca Al-Qur'an untuk membacakan 1 ayat kemudian sobat menirukan, dan seterusnya seperti itu

8. Membaca Bersama - sama dengan Teman atau Kelompok

Jika memiliki kelompok belajar berasama maka dapat dibaca bersama-sama,  tujuannya yaitu ketika dibaca bersama - sama maka apabila ada yang salah akan keahuan dan akan mengerti dimana letak kesalahan kita, silahkan lebih jelasnya dapat dipraktekkan

9. Bacalah Al-Qur'an yang Jelas dan Enak di Baca

Hal ini dimaksudkan ketika belajar membaca  Al-Qur'an, gunakan  Al-Qur'an dengan warna cerah, tulisannya jelas, dapat pula gunakan  Al-Qur'an yang didalamnya terdapat tajwidnya untuk memudahkan kita belajar tajwidnya. 

10. Jadikanlah Al-Qur'an sebagai Teman

Sobat hal ini perlu sangat dilakukan kemanapun dan dalam aktivitas yang positif sobat harus menjadikan  Al-Qur'an teman. Ketika bangun tidur bacalah, setelah sholat bacalah, bawalah disaku baju sobat, ketika sedang ada waktu senggang bacalah, ketika sedang sedih bacalah, ketika sedang galau bacalah, ketika sedang senang bacalah, ketika kondisinya bagaimana saja, kapan saja, dan dimana saja supaya dibaca, (kecuali dikamar mandi dan WC tidak boleh membawa dan membaca Al-Qur'an).  Sobat sesungguhnya nanti dihari kiamat orang yang sering membaca Al-Qur'an akan diemani oleh dua ruh suci, yang mana merekalah adalah Al-Qur'an

11. Berhenti Berbuat Maksiat dan Berbuatlah Baik

Aya-ayat Allah bagaikan cahaya, maka berhentilah berbuat maksiat dan perbanyaklah berbuat kebaikan, maka jika sobat sering bermaksiat maka hentikanlah, jika tidak percaya bisa dibuktikan. 

sekian tips dan cara-cara membaca Al-qur'an yang dapa saya share kepada saudara dan saudari sekalian, semoga bermanfaat, hal-hal yang saya tulis berdasarkan pengalaman dan sudah melalui tahap pembuktian dari penulis, jadi jika soba istiqomah dan sabar mengikuti tips ini, insyaallah Allah akan memudahkan, demikian dari saya silahkan coment jika ada yang ingin ditanyakan, mohon maaf apabila tulisan penulis masih banyak kekeliruan dan kurang berkenan, wassallamualaikum wr wb :-)

0 comments:

Post a Comment